Sungai Belanda dan Pulau Segajah Kota Bontang

Hari gini belum pernah ke sungai belanda dan pulau segajah? hahahahayuuk! 😂

Sebelum berangkat foto dulu. Senada ya. hmm

SUNGAI BELANDA

Hari minggu di akhir tahun 2017 kemarin aku habiskan untuk liburan sama temen-temen relawan Kelas Inspirasi Bontang Batch 2. Kami menyebut "Geng MTMA", karena merasa memiliki hobi yang sama, apalagi kalau bukan jalan-jalan. Yeyyy!

Sebenernya tempat wisata bahari di Kota-ku ini banyak banget. Tapi mengumpulkan niat untuk rempong mengurusin segala macam persiapan sebelum perjalanannya itu yang terkadang membuat aku males.

Nah.. karena salah satu temen kami memiliki temen yang bisa nganterin kami berkeliling ke Sungai Belanda dan Pulau Segajah, yaudah.. SIKAAAAT!

“Dari cerita orang-orang dulu, Bontang Kuala jadi salah satu tempat yang didatangi kompeni dari Belanda. Di masa penjajahan, sungai ini jadi lokasi strategis untuk pribumi bersembunyi,” ujar Zul—begitu disapa, saat empat perahu kecil bersandar di jembatan keramba udang, usai menelusuri jejak persemaian masyarakat pribumi Kutai dari kejaran komplotan penjajah Belanda.
                                                                    Sumber: klik di sini..

Jangan tanya kepada kami, berapa biaya yang kami habiskan untuk semuanya, karena kami lupa.

Tempat ngumpul kami di parkiran mobil Beka alias Bontang Kuala. Banyak drama sih sebenernya, tapi ga perlu aku ceritain lah ya heeeeuu. Setelah anggota komplit semua, kita naik kapal kecil atau yang biasa disebut perahu hahahahaha.

Menelusuri sungai belanda yang dikelilingi pohon bakau sih sebenernya menyenangkan, adem, tenang gitu. Tapi emang dasarnya parno-an, aku kepikiran buaya dan ular. Aku jadi was-was gitu (keseringan nonton NatGeo, buaya dan ular itu mengerikaaaan!). Setauku, banyak buaya di sungai beka ini (dulu sering muncul informasinya di koran dan televisi lokal).

Syukurnya sih ga terjadi apa-apa. Kami sampai di spot untuk foto-foto Sungai Belanda. Gitu doang sebenernya. Ga ada apa-apanya lagi. krik.. krik..

Menurut pendapatku: Sungai belanda ini bagus, tapi spot untuk fotonya menurutku kurang menarik. Saran nih buat dinas pariwisata dan salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan karang taruna bontang kuala, dimohon untuk mengembangkan dan memperbaiki spot untuk foto di sungai belanda. Mungkin bisa ditambah lagi hammocknya warna-warni, atau apapun itu asalkan tidak terlalu norak yaa. Saya selalu siap untuk mempromosikan tempat wisata yang ada di kota bontang asalkan tempat itu worth it atau beneran menarik gitu. Yaa semoga aja saranku ini bisa dibaca dan menjadi bahan evaluasi bagi pihak-pihak yang terkait.

Candid. yey!

E e e belom siap eeee

Mba Wulan serius banget Mbaaaa?

Mermaid berjemur

Full team. Yay! Btw ini kameranya ditaruh di pohon kayu😂😂

Pipi tolong dikondisikan buuu

Gaya bebas~

4 Musketeers

Siapa yang paling muda? saya saya sayaaa!

Mba Uus

Sampai di keramba. Ishoma.

Thankyou for loving meee~

Abaikan yang tidur di belakang.

PULAU SEGAJAH
   Tidak seperti namanya pulau ini memiliki luas yang terhitung sangat kecil, di mana anda hanya akan menemukan gundukan pasir di tengah laut tanpa ada pohon bahkan rumah. Yang perlu kalian ketahui keunikan dari Pulau Segajah ini adalah pulau ini akan menghilang di malam hari dan kembali muncul di siang hari.
   Muncul dan hilangnya pulau ini sendiri tidak lepas karena adanya pasang dan surut air lut yang terjadi, sehingga anda hanya bisa melihat dan berkunjung dari pagi hingga sore hari di kala air sedang surut dan harus segera meninggalkan pulau sebelum malam menjelang, sebab jika tetap tinggal maka anda pun akan ikut tenggelam bersama dengan pulau yang terendam air pasang.

Eksotisme Pulau Segajah

Datanglah ketika pagi menjelang maka anda akan langsung disambut oleh sebuah pulau kecil berpasir putih bersih di tengah laut. Jangan lupa untuk membawa bangku bersantai, peralatan diving dan snorkeling, hingga makanan-makanan lezat yang menjadi perbekalan bagi anda.
   Sesaat setelah anda menginjakan kaki di Pulau Segajah yang indah dan unik ini, mungkin sejenak anda akan merasa terkagum dengan keindahan yang terhampar di depan mata anda, maka segeralah berlari dan bermain air sepuasnya di tempat indah ini. Bagi anda yang sangat senang dengan kegiatan berjemur sebaiknya segera gelar kursi santai atau alas tidur anda dan segera rasakan kehangatan sinar matahari serta udara tropis yang sangat segar menerpa badan anda, ditemani dengan segelas minuman dingin yang sudah anda persiapkan sejak sebelum keberangkatan merupakan kenikmatan tersendiri yang sulit untuk dielakan.
   Tak berhenti di situ, dengan air yang sangat jernih anda kemudian bisa melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Temukanlah berbagai jenis keindahan bawah air yang mengagumkan di Pulau Segajah, bahkan anda bisa dengan mudah menemukan clown fish yang berenang kian kemari di lokasi tersebut. Untuk oleh-oleh wisata anda bisa mencoba untuk mengumpulkan kerang yang banyak sekali terdapat di sana, anda bisa mengumpulkannya lantas membawanya untuk kemudian anda masak sebagai sajian makan malam anda nanti ketika berada di Bontang. Meskipun dengan segala kejernihan dan keindahan yang ditawarkan alam bawah air Pulau Segajah ini anda juga harus tetap berhati-hati sebab di sana terdapat banyak bulu babi yang sewaktu- waktu bisa terinjak jika anda tidak berhati-hati.

Sumber: https://ketahui.com/wisata-bontang-uniknya-pulau-segajah-pulau-misterius-yang-hilang-di-malam-hari

ðŸ’—💗💗

Kami berangkat ke Pulau Segajah mungkin sekitar jam 2 siang sampai sore jam setengah 5. Bagus, pasirnya putih, dan masih banyak biota laut tapi aku saranin kalian harus tetap berhati-hati karena di dalam lautnya itu banyak terdapat bulu babi. Kalau sampai terkena, harus segera ke rumah sakit. Karena berbahaya gituuu.. sedangkan jarak dari pulau segajah sampai ke rumah sakit cukup jauh cuy, jadi harus hati-hati yaa!

Di pulau segajah ini berbeda sama pulau beras basah (salah satu tempat wisata di kota bontang juga)

Berhubung video yang asli ga sengaja terhapus, jadinya aku cuma bisa dapet yang resolusinya kurang bagus. Gapapa yaaa!

MAKAN SORE DI KERAMBA

Naaaah.. abis berenang beberapa jam, pastinya laper banget dong yaaaak! Kami langsung balik ke keramba untuk makan dan bilas alias mandi seiprit dan ganti baju. Seumur-umur aku makan ikan bakar, paling enak sewaktu makan ikan putih bakar di keramba deh. Suerrrr! kalian harus nyobain!

Setelah ganti baju, kami foto-foto dihiasi oleh pemandangan yang Masya Allah bagus banget! Sunset! Ah.. kalau ada kesempatan ke keramba lagi, kami ingin ke sana lagi loh hanya untuk makan makanannya yang enak-enak itu dan menikmati indahnya laut..

Baiklaaaaaaah.. berakhirlah sudah cerita jalan-jalan kami ke Pulau Segajah dan Sungai Belanda di Bontang ini.. Main-mainlah ke Bontang, nanti aku ajak jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di sini selagi aku ada waktu yang kosong yaaa!

Jangan lupa dishare, comment, dan like! Terima kasih! See you soon!💗