Seleksi Paskibraka Bontang tahun 2014

Rabu, 2 april 2014

     Tadi pagi sekitar jam setengah 7 aku diantar sama ibu ke Hotel Oak tree yg jauhnya minta ampun itu. Kalo pagi kan emang repot tuh ibu jadinya aku bener-bener ngurusin diri sendiri tiap pagi kalo mau sekolah. nah karena sangking banyaknya yg aku pikirin, aku sampe lupa bawa celana olahraga! Aku pake seragam batik trus isinya tasku Cuma jaket, dompet, hp, minyak kayu putih, kiranti. Gaje banget kan? Padahal disuruh bawa celana olahraga malah bawa jaket. Sebenernya sih jaket ada manfaatnya juga tapi lebih utama itu ya celana olahraga!

Jadilah ibuku marah marah sama aku di jalan. Untung aja masih deket, masih di depan polres trus ibuku langsung ngapsul dan balik lagi ke rumah demi celanaku. Duileh pagi pagi udah kena semprot aja -_-

Sekitar jam 8an lewat baru deh kita disuruh masuk ke ballroom hotel oak tree. Eh sebelumnya sih kita disuruh baris dulu, trus disuruh ngantri buat ambil nomer dada masing-masing sekalian nulis nama+asal sekolah+tanda tangan trus duduk di kursi empuk deh. Tahun ini aku dapet nomer dada 364, tahun lalu 294. Nomernya unik kan? Ya semoga hoki ajalah yaaa hahahahaa amin yarobbal alamin.

Aku duduk di barisan kedua dari sofa pejabat/tentara gitu deh. Gak sempet foto ruangannya soalnya lupa hahaha habis itu acara pembukaan seleksi tahap 2 calon paskibraka kota bontang thn 2014. Habis acara pembukaan, senior paskibnya manggil nomer dada masing-masing. Pertama sih 5 orang gitu, nah 5 orang ini disuruh ke lantai bawah untuk test parade. Kita disuruh masuk ke dalam ruangan trus disuruh lepas kaos kaki, lepas sepatu, lepas jilbab, angkat rok/celana sampai diatas lutut, dan gulung lengan baju sampai siku tangan. Ngapain aja? nah unik banget deh! Kita disuruh masuk ke dalam kotak eh bukan kotak sih tapi lebih cocok disebut sebagai balok kawat kawat gitu. disuruh sikap sempurna  (diliat rapat atau enggaknya lutut kita soalnya kadang ada kaki yg berbentuk O atau X gitu, kalo misalnya gak bisa rapat melebihi 4cm *kalo gak salah* nah itu bisa gak lolos), disuruh lencangkan tangan juga (diliat bengkok atau enggaknya tangan kita), diliat pundak kita tinggi sebelah atau setara gitu.

Next, kita lanjut test kesehatan. Nah bener-bener yg paling lama ya test kesehatan ini! Dari jam 1an sampe jam 5an lewat baru selesai test kesehatan. Awalnya kita di check giginya ada yg lubang atau enggak, nah kebetulan yg periksa gigiku itu dokter pas aku lagi check gigi di puskesmas beberapa waktu yg lalu! Awalnya aku lupa karna beliau pake masker, begitu beliau liat gigiku mungkin kayak gak asing gitu kali ya eh beliau langsung nanya rumahku dimana. Langsung deh aku jawab casciscus kalo aku ini yg di puskesmas waktu itu, yg ditangani sama drg.Erwin ganteng dan beliau hahaha usai check gigi kita diambil darahnya. Disuntik gitu nyut nyutan tapi aku dari kecil emang gak pernah takut sama peralatan medis jadinya nyantai aja biar mau disuntik pake jarum gede pun selowww azaaa. Dan paling malesin itu ya test urin! Bukannya aku pecandu narkoba atau yg lainnya tapi karena males pipis dengan terpaksa hahaha

Usai test urin kita mesti ngantri berjam-jam untuk test mata, tensi, riwayat penyakit dll. Dan itu yg paling lamaaaaaaaa! Gak bosen banget sih soalnya aku kesana kemari membaur sama sekolah lain gitu. karena males desak desakan jadinya aku sama temenku yg anak ypk itu mainan di luar, paling terakhir deh testnya fufufu tapi gak Cuma sampai di test kesehatan aja. selesai test kesehatan aku ke ballroom dan joget oplosan rame rame. Selesai joget aku dan anak anak yg belum PBB langsung disuruh PBB gitu.


Kamis, 3 maret 2014

     Hari ini aku berangkat bareng fajriah (faje) anak MAN kelas 2. Dia itu temenku di jejaring sosial jadinya udah akrab gitu. sekitar jam 8an kita disuruh baris trus absen trus duduk di kursi. Trus kita disuruh jawab pertanyaan tentang kesenian budaya yg ada di lembar kertas masing masing. Karena aku duduk agak belakang jadinya lama dipanggil. Dari pagi jam 8an sampe jam 2 siang aku dan temen temenku gak dipanggil panggil. Tapi pas aku lagi rolling tempat duduk, aku ke kursi paling depan nah senior paskibnya nanyain kita udah pada interview apa belum kalo belum disuruh ke kursi yg ada di ujung sana sambil ngantri.

Interview pertama aku ke meja minat dan bakat. Disitu ada mbak mbak dan mantanku pas SMP, namanya Dwi prasetyo. Seharusnya aku seangkatan paskib sama dia tapi Allah berkata lain jadinya aku juniornya dia deh. Nah di minat dan bakat itu aku ditanyain banyak banget, pertanyaan yg ku ingat sih Cuma kayak gini “Dek, kalo misalnya hari ini pengibaran nah semuanya udah siap tinggal nunggu kamu aja trus di perjalanan kamu mau ke tempat ini tuh ada orang kecelakaan dia udah kritis banget trus di jalan itu sepi banget gak ada orang nah apa yg bakalan kamu lakuin?”

Aku bingung, aku serba salah, karna aku manusia pastinya aku punya rasa kemanusiaan lah masa iya ada orang kecelakaan aku biarin mati gitu aja tapi temen-temenku udah nungguin aku di tempat itu. Kalo gak ada aku, gak bisa ngibar. Bingung kan? Dengan muka bingung aku jawab gini..

“Gini ya mbak, kalo saya sih bakalan langsung ke tempat dimana temen temen saya sudah nungguin saya untuk ngibar. Karna sudah tanggung jawab saya untuk mengibarkan bendera merah putih. Kalo gak ada saya, kan gak bisa ngibar tuh sedangkan mengibarkan bendera merah putih adalah tugas negara. Blablablabla”

“Tapi gimana caramu biar itu orang gak mati? Kasian kan? Motivasi kamu ikut paskib apa? Bakatmu apa? Kamu bisa nyanyi? Bisa nari? Blablabla”

“Kalo saya sih berusaha mengontak orang-orang yg ada di tempat sana untuk datang ke tempat orang yg kecelakaan itu tapi saya sambil melanjutkan perjalanan ke tempat dimana temen temen saya udah nungguin saya. Jadi biar waktunya gak habis Cuma untuk nolongin orang yg kecelakaan itu. Motivasi saya ikut paskib itu karena saya ingin mengibarkan bendera pusaka, ingin membanggakan orang tua, dan ingin membanggakan orang disekitar saya. Bakat saya taekwondo. Nyanyi bisa, nari gak bisa”

“Loh jadi kamu ngorbanin nyawa orang itu demi ngibarkan bendera merah putih? Dek, bendera pusaka itu Cuma ada satu di jakarta. Ooh taekwondo, yaudah nyanyi aja dulu lagu wajib selain lagu indonesia raya ya”

“Iya kak. Garuda pancasila boleh ya kak?”

Aku berdiri trus nyanyi dengan suara jelekku. Sumpah satu ruangan itu pada perhatiin aku semua. Bzzz -_- habis nyanyi aku disuruh kembali ke tempat duduk.

Interview kedua itu kesenian budaya. Jawabanku yg aku tulis di kertas itu dicheck dan ditanyain gitu. ditanyain tentang makanan khas bontang itu apa (gammi bawis), tempat wisata di bontang itu dimana aja (bk, beras basah, lembah hijau, tnk, cafe singapura, cibodas, danau pkt, lapangan golf ptbadak dll), apa aja yg ditampilkan pada saat pesta laut (aku jawabnya sih tari dan musik tradisional gitu), dll. Interview ketiga tentang bahasa inggris dan terakhir tentang pengetahuan umum. Pas bahasa inggris itu aku disuruh memperkenalkan diri pake bahasa inggris trus disuruh baca teks trus disuruh jawab pertanyaannya. Kalo interview pengetahuan umum aku ditanyain tentang presiden dari awal sampe akhir, menteri menteri beserta jabatannya, nama pahlawan, hari hari besar, dll. Banyak banget deh pertanyaannya. Alhamdulillah sih aku sempet browsing jadinya aku tau gitu.

Jumat, 04 April 2014

Tadi pagi kita test SAMAPTA di lapangan bessai berinta (lang-lang). Aku bangun kesiangan tauuu! Disuruh jam 6 sudah ada disana tapi jam 6 kurang 15 menit aku baru bangun trus cepet cepet mandi dan ga sempet sarapan. Pokoknya buru buru banget deh! Eh pas sampe lang lang malah belum mulai sama sekali. anak anak masih pada dipinggir jalan raya, pagarnya belum dibuka.

Begitu pagarnya dibuka...

Aku bontig sama faje, dan bela. Kita ke belakang tribun, baris 4 shaf dan satu-persatu di tensi. Kalo darah rendah gak boleh ikutan samapta. Dan untungnya tensiku 110! Kemarin pas check kesehatan tensiku 100 pas. Ngerik banget kan? Tapi emang anemia sih aku..

Aku kebagian kloter ke 3. Awalnya pas baris aku di depan tapi gatau kenapa ada yg nyerobot gitu jadinya aku rapopo dapet barisan belakang. Aku barengan sama triana anak yabis. Udah kenal dekat gitu jadinya kemana mana selalu barengan, lari pun paling belakang barengan juga -_-

Faktor lama gak pernah taekwondo, aku Cuma bisa dapet 2 putaran lebih dalam 12 menit. Songong banget lah yaa padahal dulu pas latian fisik taekwondo aku pernah 7 putaran ga berhenti,  waktunya juga gak terlalu lama gitu. sekarang udah lama gak taekwondo jadinya fisik cacingan banget lah.

Habis lari kita langsung berpasang-pasangan untuk push up dan sit up. Aku berpasangan (lagi) sama triana. Aku dapet 40 push up, 47 sit up. Triana dapet push up sekitar 30an dan sit up 25an gitu. next, kita semua langsung shuttle run (lari angka 8) dipandu oleh kakak kakak polisi. Aku dapet 20 detik dalam 3 putaran.
Kalo udah selesai semuanya, kita disuruh minum kacang ijo+durian. Sekitar jam 12an kita semua pulang dan gak sabaran nunggu hasil..

Dari hari jumat ke hari sabtu itu bener bener bikin ga bisa bobok deh ya. Penasaran, bolak balik ke kesiswaan sekolah tapi belum ada surat dari dispora. Sabtu ke minggu juga bikin gelisah. Minggu ke senin pun ga karuan perasaan, bolak balik ke kesiswaan juga ga ada hasilnya. Dan tadi siang, tepatnya tgl 08 April 2014 sekitar jam 12an lewat aku lagi sibuk sibuknya ngenet tuh dikelas eh claudia manggil aku dan tadaaaaaaaaaa! Pak hawis megang surat dari dispora!

“stm yg lolos Cuma kamu sama  noni aja fauziyah”

“haaa? Ya allah!” sambil saliman sama pak hawis.

Pak hawis pergi dan aku sujud syukur diteras depan kelasku yg kotor itu. Gapapa, besok baju gak dipake juga kok. Anak anak langsung teriak teriak yeee makan makan -_-
Aku sempet agak kecewa karena aku no.urut ke 26 dari 28 cewek. 3 terendah dari bawah. Aku juga sempet mengira kalo aku ini cadangan lagi kayak tahun kemarin. Tapi berkat direct messagesnya @Dmanteg aku ternyata bukan cadangan. Dia bilang kalo di suratnya itu tiap hari sabtu seleksi lagi untuk final. Ya betapa dodolnya aku gak teliti baca dari awal. Really really dodol..

Yg bikin jengkel itu nilai paradeku Cuma 20. Padahal semua ceweknya yg lolos itu paradenya 25. Tapi nilai PBB, samapta, interview, kesehatan, dan pengetahuan umumku lumayan bagus kok malah diatas rata rata juga. PBB ku 18,13 trus samapta ku 8,115 trus kesehatanku 13,5 trus interview 8 dan pengetahuan umumku 7. Total 74,74. Paradeku bisa rendah gitu karena siku tangan kananku pernah patah jadinya gitu deh hoho 
PBBnya yg lolos tapi diatasku ada yg nilainya 16 juga kok, trus samapta juga ada yg nilainya 5, kesehatannya ada juga yg 10, interview ada yg 5 dan pengetahuan umum juga ada yg 5. Iya, aku kalahnya di parade aja. sedih banget lah..

Yaaap. Gak lupa lupa aku panjatkan puji syukur kepada Allah swt, karena Allah lah yg maha tau segalanya, Allah itu gak tidur, Allah maha mendengar, Allah itu baik, Allah itu sayang sama zizi :’)
Aku gak tau Allah swt punya rencana apalagi yg lebih baik. Aku juga gak tau apakah tahun ini juga rejeki ku jadi paskibraka bontang. Mungkin, Allah mau lihat lagi seberapa besar usaha dan doaku. Apakah aku menyerah gitu aja? tidak J

Postinganku tentang paskib ini aku dedikasikan buat Irfan. Dia adek kelasku yg pengen banget ikut paskib tapi pas seleksi tahap 1 dia gak lolos karna tinggi badannya kurang. Ya semoga dengan adanya blogku ini kamu bisa lebih semangat lagi, tahun depan itu kesempatan terakhirmu! Gunakan dengan sebaik mungkin yaaa! Mungkin Allah mau lihat seberapa besar perjuangannya Irfan dalam meraih keinginannya. Semangat!
Minta doanya ya semoga tahun ini menjadi tahun yg paling baik dari tahun sebelumnya. Semoga tahun ini rejeki ku jadi paskibraka bontang. Keinginanku Cuma 3..


Bisa mengibarkan bendera merah putih, bisa membanggakan keluarga terutama ibu dan bapak dan terakhir.. bisa membanggakan orang-orang yg ada disekitarku. Aamiin..


Komentar

Unknown mengatakan…
Keren, kamu bisa buat buku, soalnya punya bakat untuk jadi penulis.
Ohya punya daftar yg lolos ga?
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hahaha iya pengen sih nanti mau ku bukukan ini blog wkwk aku punya daftar yg lolos kok. mau liat kah?
Unknown mengatakan…
mau dong

Postingan populer dari blog ini

4cm