PKL DI PT.BADAK NGL

foto bareng pembina tersayang, Pak Thommy adiwijaya
     Aku mau share tentang masa-masa PKL ku di PT.BADAK NGL BONTANG nih. Dari screening sampai sekarang gatau ngapain aja ini.

Tepat sekali tanggal 6 dua bulan yg lalu kita ngurus badge di litsus kampung baru. Nah karena itu awal tahun jadinya banyak karyawan yg perpanjang badge, otomatis kita yg statusnya hanya "siswa/siswi PKL" pun ditunda ngurus badgenya. Dengan semangat 45 kita pulang ke rumah masing-masing karna telah sia-sia dateng ke litsus. Kata omnya, besok baru kita screening. Besok kita dateng kesana eh ditunda lagi begitu seterusnya sampai tanggal 13 januari baru deh kita bisa screening di litsus situ. screening itu ngapain aja sih? screening itu semacam ngisi biodata gitu, mulai dari biodata orang tua, biodata kita, cap jari, dll. 

Nah pas cap jari itulah hal terbodoh terlakukan lagi. Kan ada meja tinggi tuh ada hitam-hitamnya juga, aku masih belum 'ngeh' kalo itu tinta buat cap jari. eh dengan santainya aku menyandarkan pinggangku ke meja hitam itu dan...

"Dek awas itu hitam nanti, nah kaaaaaan" ujar om ganteng india itu
Ya, omnya teriaknya kurang cepet jadinya baju putih ku pun kena tinta hitam banyak banget. aku shock, aku ketawa, omnya pun ngajak ngobrol ini itu termasuk nanyain "kamu sudah punya pacar belum? kenapa gak cari pacar? duh kan bajumu kotor begitu kasian mamamu nyuci bajumu itu blablabla" 
aku ngejawab santai aja, ya ini om ganteng india sumpah deh ganteng banget kalo ditawarin jadi istrinya aku gak nolak kok om! aku gak sempet kenalan sama dia yg jelas pas lagi cap jari itu pastinya tanganku dipegang sama dia. so sweet banget kan ya? huhuhu :"

Setelah selesai screening besoknya tgl 14 kita ke BADAK LEARNING CENTRE. Biasa kita sebut "training" nah disitu kita dikasih sepatu safety, badge, helm. tgl 15 januari tepatnya hari rabu kita pagi-pagi ke litsus demi-hanya-untuk naik bus. hari pertama PKL itu bener-bener antusias banget deh! bus pun full tempat duduknya, kadang aku berdiri kadang kalo lagi beruntung dapet tempat duduk.

Kita gabung sama anak SMK PUTRA BANGSA Bontang jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan/Hardware) di dalam ruang rapat. Kenapa kita disatukan? karna kita sama-sama jurusan komputer tapi bedanya cuma di hardware dan softwarenya aja. aku, st, claudia, hijrah, ade itu yg mewakili SMKN 1 Bontang PKL di PT.Badak NGL. sementara anak SMK PB itu cuma 4 orang aja, hijjah, nanda, indra, dan olid.

Hari pertama di ruangan rapat itu kita sekedar berkenalan, tukeran informasi dll. trus kita keliling ke ruangan komputer yg ada di IT DEPARTEMENT PT.BADAK NGL. mulai dari ruangan server yg dinginnya minta ampun subhanallah allahuakbar! aku lupa sama nama perangkat yg ada di dalam ruangan itu apa aja yg jelas banyak banget, trus AC di bawah lantai itu gak nanggung deh dinginnya. ada bolongan kecil gitu di lantainya, karna aku suka dengan hal-hal baru maka aku berdiri di atas bolongan kecil itu rokku mekar kayak roknya cinderella.

Hari-hari selanjutnya kita di tempatkan di ruangan kita sendiri tepatnya di ruangan khusus mahasiswa PKL. kita emang bukan mahasiswa, ini pun kayaknya pembina kita terpaksa naro kita di situ karna ruangan khusus siswa PKL itu udah ditempati sama anak SMK PB.

Hari-hari berjalan dengan lancar, internetan juga lancar hahahaha pokoknya gak nyesel deh kalo PKL di PT.Badak ini. ya kalo untuk kita sih agak-nyesel karena kita bukan mahasiswa dan kita orang Bontang. kenapa? lah bayangin aja kakak-kakak mahasiswa dari seluruh indonesia yg lagi PKL disini tuh pada dapet fasilitas yg bikin betah. kayak apartemen nam nam/sawo kecik. beberapa mahasiswa ada yg sempat ngerasain nginap selama kurang lebih 2 bulan di apartemen wow itu. sumpah deh aku ini pengen banget nginep di apartemen itu karena per malam bayarnya sekitar 600 ribu gitu, mereka tinggal di situ selama 2 bulan dan CUMA-CUMA ALIAS GRATIS COY! kalo di itung, berapa udah bayar apartemennya itu? hahaha nah kalo kakak-kakak mahasiswa yg sekarang lagi PKL di PT.Badak itu nginepnya di PC 6 luar. trus mereka bisa berenang di kolam renang yg ada di PT.Badak tapi gatau kolam renang yg mana yg bisa dipake berenang sama mahasiswa PKL. Soalnya kolam renang disini banyak! ada 3 kalo gak salah, di MPB, di Rega, di town centre. selain tempat tinggal gratis, mereka juga dikasih makan pagi siang malam gratis! GRATIS! enak banget kan ya?

Tiap makan siang kita harus nunggu bus di parkiran gedung putih trus naik bus sampe ke training. awalnya kita makan di ruangan bareng kakak kakak LNG ACADEMY.

Entah kenapa akhir-akhir ini kurang lebih udah 2 mingguan kita dipindahkan ruang makannya. kita gak bareng mahasiswa LNG ACADEMY lagi tapi kita satu ruangan sama mahasiswa seluruh indonesia yg lagi PKL di ptb. sempat heran kenapa kita dipindahkan. oya, satu ruangan sama mahasiswa seluruh indonesia itu bikin ngakak deh ya! mereka ramah semua, mereka ribut tapi ramah gitu sama kita jadinya kita udah kayak dianggap adik sendiri. penyesalanku dan penyesalan teman-temanku ialah, kenapa gak dari awal aja kita digabungkan sama kakak kakak mahasiswa seluruh indonesia itu? seru banget sama mereka. gak ada yg songong. kita juga kenal mbak-mas yg dari UGM, UNBRAW, UI, UNMUL, STT MIGAS dll. kadang kita satu bus sama mereka dan koplak gitu bikin ngakak muluk deh. 

Pengalaman/kejadian yg gak terlupakan apa aja? aaah banyak banget deh. sangking banyaknya aku jadi lupa. aku mulai ingat dikit sih, yaaa beberapa hari yg lalu kita ketinggalan bus pas mau makan siang. kebiasaan kita juga sih sukanya ditunggu males nunggu alhasil kita ditinggal bus dan kita jalan kaki. itu hari jumat, gak ada shuttle karna pada istirahat pulang kerumah semuanya. bayangin aja deh gedung putih-badak learning centre itu gak deket kalo jalan kaki. siang bolong. padahal udah mati-matian putihin kulit eh jalan kaki siang bolong kulit langsung item lagi. ga lucu banget kan ya?

trus tiap berdiri di bus itu aku suka lupa diri. aku kan tinggi tuh nah sangking tingginya jadinya ini kepala udah sering kejeduk atasnya bus. sedih aja, kenapa badanku tinggi? tapi alhamdulillah deh.
masih banyak deh pengalamanku selama kurang lebih 2 bulan PKL di Application technology. kapan-kapan aku cerita lagi kok, aku lagi sibuk ngurusin laporan nih. byeeee!

Ini pas lagi di meeting room


Download virtual dj. mumpung internet kenceng xixixi



Sebelum sholat, minjem hpnya ade ravita sari dulu buat selfie :)))

kembar?





Lagi monyong gitu subhanallah claudia keren banget motonya :(



Jaket 12 menit maaf ya :( faktor haid tak terduga

Ini pas mau selesai pkl, di badak learning centre. liat aja tuh list kakak kakak mahasiswa yg pkl di badak banyak banget kan?

tumben hijrah mau diajak fotoan

At marina beach


foto bareng pak supir shuttle





















Left to right : Claudia, Pak Leri, Ade, Aku, Siti, Hijrah, Pak thommy.

bareng specialist programmer

bareng bapak-bapak hardware

tuh cowok yg tinggi yg aku taksir namanya mas bayu. nama lengkapnya I wayan bayu praja. orang hindu :(




Tuh claudia disuruh jawab pertanyaan. kiput ya clau? hihi

Komentar

Ita jauhariroh mengatakan…
permisi, saya ingin menanyakan mengeai persyaratan untuk PKL di PT BADAK NGL itu apa aja ya? untuk pengajuan proposal minimal diajukan berapa bulan sebelumnya ya?
terima kasih
Gini mbak, saya kan siswi SMK di Bontang. nah emang tiap tahunnya SMK saya PKL di PT Badak dan yg ngurusin tentang PKL kami itu sekolah kami jadinya saya ga tau kalo masalah begituan hehehe. kalo mbak pengen tau banyak, silakan aja hubungi saya via line: farahmaw nanti saya kasih tau di line soalnya saya punya kenalan yg thn lalu PKL di PTB :)
rima mengatakan…
ka bleh ngintip proposal pkl.ny ga buat referensi? bsa dikirim kesini ka marinirima09@gmail.com
trmksih sblmny :)
rima mengatakan…
ka bleh ngintip proposal pkl.ny ga buat referensi? bsa dikirim kesini ka marinirima09@gmail.com
trmksih sblmny :)

Postingan populer dari blog ini

4cm