Suka duka perantau




Mungkin banyak diluar sana perantau yg ngerasain hal yg sama seperti gue atau bahkan bisa lebih miris daripada gue. Banyak juga yg lebih berkecukupan daripada gue tapi gausah lah nengok ke atas, liat ke bawah deh.. sapa tau ada uang jatuh. Ok. Garing.

Sebenernya gue didesak sama temen-temen gue buat nyeritain apapun selama di jogja. Cuma ga mungkin gue ceritain semuanya, gue ceritain beberapa kejadian yg gue alami selama di jogja.
Baca dulu postingan gue yg jogja istimewa, biar agak nyambung dikit kalo baca postingan ini karna gue males ceritain dari awal lagi. capek ngetik btw.

Awalnya gue tinggal di perumahan citra rejodani blok h-1. Gue tinggal sama sepupu gue namanya mba hanum dan mas tio. Karna mereka itu kakak adek dan masih punya kakak lagi namanya mas bowo tapi udah punya anak istri yg tinggalnya satu komplek sama gue juga Cuma serong kanan aja udah nyampe rumahnya wkwkwk.

Perumahan citra rejodani itu di sleman kilo 11. Ga deket. Tapi enak kalo pagi dan malem dingin gitu karna deket gunung merapi, gue suka ama yg dingin-dingin.

Karna duit gue terbatas jadi gue harus pinter-pinter ngatur duit.

Gue pinjem motornya sepupu gue buat ke alfamart/indomaret demi beli roti tawar dan susu kaleng/ceres kw. Roti tawar kurang lebih harganya 10ribu ditambah susu kaleng atau ceres kw itu 5ribu. Totalnya 15ribu dan itu untuk sarapan selama seminggu karena isinya 10 pokoknya cukup ga cukup harus cukup.

Gue juga nyetock mie instan buat makan siang atau makan malem. Tapi kadang gue beli nasgor 10ribu di deket pasar situ kalo malem, atau kadang mba hanum beliin pecel lele dan sate tiap pulang kuliah.

Sepupu gue itu pada sibuk semua, di rumah kalo pas malem doang numpang tidur aja sama mandi. Jadi gue sering sendirian di rumahnya. Gue yg dasarnya penakut yaaaa harus berani sendirian di rumah yg ga kecil itu. kalo siang gue suka buka pintu depan sampe pernah tuh yaa bunglon masuk ke dalem rumah gue panik setengah mati ga berani ngusir.

Karna gue dapet kerja yg jauh banget dari rumahnya mba hanum jadi gue harus ngekost. Gue cari kost daerah seturan-kledokan yg kosongan, dapet harga 350ribu perbulan dan kamar mandi di luar. Gaji gue waktu itu kurang lebih 700ribu dan gue ga ada dikirimin sama ortu duit sama sekali. hayoo pikir coba..

Kurang lebih 350ribu untuk keperluan sehari-hari selama sebulan.

Paket internet 60ribu;

Pembalut, sabun, pasta gigi kurang lebih 50ribu;

Aqua 1,5 liter kurang lebih 100 ribu (gue ga suka pake galon);

Makan yaaa sisanya dari uang itu. alhamdulillah banyak orang yg baik sama gue yg sering nraktir gue makan.

Biasanya, tiap pagi kan gue sarapan roti tawar trus siang makan roti tawar atau masak mie nah malem beli pecel lele tapi bukan pecel lele sih. Gue Cuma beli nasi tempe terong sambel itu harganya 5ribu. Kadang gue beli lontong sayur harga 8ribu. kadang gue ga sarapan atau makan siang sama sekali. Gitu terus tiap hari.

Lontong sayur medan!
Pecel lele tapi cuma tempe terong sambel tapi sumpah ini enak banget!

Ga percaya? Tanya sono temen kos gue atau temen kerja gue.

Kadang gue kalo pagi beli nasi di warung ibu murah deket kos itu Cuma 4ribu doang tapi kenyang banget karna nasinya 3 centong wakakakak. Pokoknya kalo gue di jogja tuh yaaa nyarinya warung makan yg prasmanan atau burjo (bukan bubur kacang ijo, tapi kayak warteg gitu. orang jogja nyebutnya burjo) atau gue lari ke ayam preksu. Iya gue cinta banget ama ayam preksu (geprek susu). Soalnya enak banget, murah Cuma 11ribu udah dapet minum trus nasinya bisa ambil sepuasnya. Gue sering ambil 3 centong gitu sih terus diliatin bodo amat lah ya. Ayam preksu langganan gue samping UNY tuhhhh.

Pokoknya yg namanya orang ngerantau itu harus siap mati. Lagian ga langsung mati juga kok kalo ga makan, ya paling timbangan turun berkilo-kilo kayak gue ini di bontang 52 kg pas di jogja jadi 45 kg trus pulang-pulang langsung masuk rumah sakit wakakakak.

Bukannya ortu gue ga sayang ama gue, tapi guenya yg gamau ditransfer. Lagian atm gue juga error gitu jadi ortu juga susah kalo mau nransfer kudu janjian dulu ama mba hanum. Awal di jogja dulu pernah ditransfer sekali.

Yaaa buktinya gue masih hidup juga sampe sekarang, magh gue juga ga pernah kambuh selama gue di jogja. Emang ngerti banget kok ya badan gue ini.

Biasanya anak kos kalo naruh peralatan mandi di gayung atau tempat apa gitu yg lucu. Kalo gue mah eman-eman duitnya jadinya gue potong botol bekas aqua itu tuuuh trus gue taruh sampo, pasta gigi, sabun, dll disitu. Dimuat-muatin pokoknya.

Bisa dicontoh deh kalo itu. kalo yg makan sehari sekali jangan dicontoh, tar lu masuk rs gue ga tanggung jawab.

Kamar kost gue juga  yaaa ga berantakan lah. Ya karna semua itu didikan dari rumah. Kalo di rumah, kamar berantakan dikit sudah kena marah ibu. Jadi otomatis selama ngekos gue jadi kebiasaan ga berantakan gitu, sebisa mungkin lantai bersih. Gue kadang risih liat kamar kosnya cewek yg berantakan gitu. kalo berantakannya masih di tempatnya sih gapapa tapi kalo sudah beh*a kesana kemari, sepatu kesana kemari, lantai kotor, yaaaa gue jadi ilfeel. Percuma cantik kalo kamar kos jorok gitu. yakin cowok-cowok mau punya istri yg ga bisa rapi dan bersih? Rapi dan bersih bukan hanya dari penampilan coy, liat kamarnya noh.

Apalagi?

Kalo jalan-jalan mah gue seringnya ke solo sama ke magelang. Ya karna gue orang jawa jadinya banyak keluarga di jawa, gausah heran gitu napa.

Oyaaa mengenai jalan yg ada di jogja.

Alhamdulillah gue dikasih sama Allah swt cepet nginget jalan. Kurang lebih 4 bulan di jogja gue hapal jalanan jogja, solo juga lumayan lah. Gue sering pinjem motornya cicik buat ke bantul lah, kesana lah, kesini lah.

Gue ga takut kesasar. Jalanan jogja gampang dihapal kok. Kalo gue selalu berpatokan sama barat utara timur selatan. Gue lagi posisi dimana dan kalo ke utara pasti ke merapi, ke barat kalo guenya lagi daerah timur ya pasti baratnya tugu, selatan ya bantul.

Gue ke parangtritis sama sepupu gue yg ga hapal jalan tuh gue yg bawa motor, yaaa pokoknya lurus terus aja wakakak.

Lagian zaman sekarang udah canggih, ada GPS. Kalo kesasar tinggal cek di gps atau nanya ke orang-orang, selesai.

Tapi gue paling ga suka lewat ringroad. Gatau napa gasuka aja. trus di jogja juga banyak jalan satu arah gitu kadang gue salah hihihi ya maklum di bontang ga ada jalan searah.

Tapi gue paling suka tinggal di kota gede kayak gitu karna kalo mau nyari apa aja ada dan konser musik pun udah hal yg biasa. Kemarin gue sendirian nonton RAN Cuma bayar 25ribu kalo ga salah, di JEC (Jogja Expo Center) dan gue dapet picknya Asta RAN HAHAHAHAHA!

Trus gue nonton GAC (Gamal Audrey Cantika) di Amplaz berdua sama indah gratisan gitu dan itu pertama kalinya gue nonton acara musik yg stagenya bener-bener rendah dan deket banget sama penonton. Jadi gue dengan gampangnya salaman sama Audrey dan Cantika. Gue senenglah pokoknya.

Yaaaa namanya juga gue penggila konser musik, mau gimana lagi..

Sedihnya, waktu itu Afgan perform di boshe jogja Cuma bayar 100ribu dan gue ga dibolehin nonton sama ibu gue karna itu club gitu. trus Afgan perform di solo juga bayar 200ribu tapi gue lagi seret-seretnya gajadi nonton deh.

Pokoknya gue cinta ama jogja, jam 12 malem ngopi joss di angkringan tugu sama aan, jam 12 malem masih nongkrong di kedai kopi sama cicik, dan masih banyak lagi hal-hal yg gue lakuin di jogja yg ga mungkin gue lakuin di bontang. karna kalo di bontang jam 10 gue udah ditelponin ibu gue disuruh pulang.

Kalo lagi tanggal muda kesini, ayam preksu!

Ngungsi ke kamar cicik, ini candid beneran. biar aja fotonya miring gitu biar ada sensasinya :p

Calon istri idaman nih, ga ngelaundry coy. eman eman duitnya sih wakakakak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4cm