BALI!



Hai guys!

Lama banget ga ngeblog ya gue? Tsaaah langsung pake lo gue lo gue wkwk gapapa lah ya sekali-kali. Lagian gue juga abis dari Bali nih eaa sotak sekali-kali gapapa kan? :b

Btw, gue mau ceritain kenapa gue bisa nyasar ke Bali dan disana ngapain aja.

Jadi gini, gue ke Bali secara gretongan (gratisan). Dibiayain oleh Dispora Kota Bontang. Kok enak? Ya karna gue anak Paskibraka Bontang 2014. Cie. Karna kami berhasil melaksanakan tugas negara yaitu mengibarkan dan menurunkan Sang Merah Putih tanggal 17 agustus 2014 kemarin di Stadion Bessai Berinta Bontang Lestari.

Penasaran gue ngapain dan kemana aja? nih gue kasih schedule selama di Bali. 


Hari & tanggal


Waktu

Kegiatan

Tempat
Selasa, 19 agustus 2014

00.00
Berangkat ke Bandara Sepinggan - Balikpapan
Oak tree Hotel - Bontang
Rabu, 20 agustus 2014

15.30
Penjemputan di Bandara Ngurah Rai – Bali
Ngurah rai airport
16.30
Check in
Bali Kuta Resort Hotel (BKR)
17.00
Istirahat
Bali Kuta Resort Hotel (BKR)
19.00
Makan malam
Bali Kuta Resort Hotel (BKR)
Kamis, 21 agustus 2014
06.00
Sarapan pagi
Bali Kuta Resort Hotel (BKR)
10.00
Rafting
Ayu river – Ubud
13.00
Makan siang
Kintamani – Grand puncak sari
14.30
Belanja, mengunjungi pura
Tirta empul - Tampak siring

18.00
Makan malam bersama Pak Walikota Bontang
Restoran tempo dulu – Kuta
Jumat, 22 agustus 2014
06.00
Sarapan pagi
Bali Kuta Resort Hotel (BKR)
09.00
Water sport, Ke pulau penyu
Tanjung benua nusa dua – Bali

14.00
Makan siang dan mengunjungi patung GWK
Restoran Brandas – Garuda Wisnu Kencana
16.00
Berkunjung ke uluwatu
Uluwatu temple
18.00
Makan malam
Restoran sri gangga - Jimbaran
Sabtu, 23 agustus 2014
06.00
Sarapan pagi
Bali Kuta Resort Hotel (BKR)
08.00
Pulang ke Bontang
-

19 agustus 2014 kita berangkat dari Hotel Oak Tree jam 12 malem. Berat rasanya gue ngelepas barak. 19 hari di kamar nomor 2101, kamar paling ujung, kamar yg suka error kuncinya sampe ngerepotin mbak-mbak receptionist dan mas-mas room service, kamar yg balkon belakangnya ga bisa dibuka, kamar yg gelasnya Cuma 2 padahal penghuninya ada 3 orang, kamar yg paling banyak capasnya (kamar lain 2 orang, kamar kita isinya 3 orang), kamar paling ter-teran lah pokoknya hihihi

Total yg ikut ke Bali kurang lebih sekitar 70 orang, sudah termasuk pelatih, pegawai Dispora bersama keluarganya, senior dan Paskibraka Kota Bontang tahun 2014.

 Nyampe di Balikpapan sekitar pukul 7 pagi. Karna gue lagi ga enak badan, jadinya gue ga banyak ngomong ga banyak tingkah ga banyak makan selama di Bandara. Cukup duduk merenung eaaa gaklaaah hihi..

Tujuan utama anak-anak selama menginjakkan kaki di Bandara Sepinggan ya berburu sampe rebutan colokan untuk charging handphone mereka. Gue sih selow ga kayak mereka, ga perduli ini hp mau mati kek karna gue juga jomblo. mau hubungin siapa juga selain keluarga? Palingan gue ngabarin keluarga kalo pas udah nyampe di hotel.

Sekitar pukul 9.30 kita masuk ke pesawat favorit gue. Lion air jenis Boeing tipe 737-900ER! Berhubung kita semua kompakan pake jaket paskib jadinya mbak pramugarinya agak heran dan sempet nanya ke gue kalo kita ini paskibraka dari mana dan blablabla. Gue dapet seat di bagian tengah (sayap)! Shit! Sebenernya gue paling takut duduk di bagian sayap karna itu rawan sekali. kalau ada crash selama penerbangan, maka yg paling parah yg bagian tengah tsb dan otomatis bagian tengah itu selalu patah. Rasanya gue pengen duduk di bagian ekor. Karna di situlah tempat yg paling aman, kalau nyaman ya bagian depan.

Tapi gue percaya, gue berdoa semoga kita bisa sampai di tempat tujuan dan kembali lagi ke Bontang dengan selamat. Sebenernya ini bukan kali pertama gue naik pesawat, sebelumnya gue udah pernah beberapa kali naik pesawat Cuma yg namanya ketakutan itu pasti ada dan itu manusiawi.

Rute flight kita waktu itu Bpn-Sub-Dps. Yaaap transit di Surabaya! Senenglah walaupun Cuma transit doang ahahaha ternyata Bandara Juanda itu sederhana. Bisa dibilang sederhana sekali karna bangunannya masih menggunakan bangunan seperti sebelumnya, berbeda sekali dengan Bandara Sepinggan dan Sultan hasanudin yg sekarang bisa dibilang ‘wah’ .

Selama di bandara juanda, gue ditarik sama Carol temen gue yg anak Vidatra biar nemenin dia ke Starbucks. yaa karna gue jg suka kopi, gue langsung lari sama dia ke situ. di sana harganya lumayanlaaah menguras isi dompet gue yg lagi tebel hahaha ya gapapa lah sekali kali lagian pake uang hasil kerja keras gue sendiri kok :p

Sekitar pukul 2 kita boarding check dan gue perhatikan pesawat yg gue naikin sekarang ini berbeda dari yg sebelumnya karena ini tipe 737-800. Gue ga seneng (lagi) karna gue dapet seat di bagian sayap (lagi).

Rute Sub-Dps ini bisa dibilang singkat. Entah gue yg kelamaan ngebo jadinya ga terasa atau emang durasi flightnya singkat. Landing di Bandara Ngurah rai pun gue lupa pukul berapa yg jelas gue banyak ngoceh “ih bagusnya pang ai pulaunya!” atau “Ihhhh kerennya pang bandaranya blablabla” sampai temen gue diem ga ngehiraukan perkataan gue. Udik bgt lah gue ya ampun!



Begitu masuk ke lobby Bandara, ini mata ga bisa ngedip! Bule bule everywhere gaaaiiiissssssssss! Yg jelas gue selalu carper, selalu senyum tiap ada bule yg lewat di depan gue. Mulai dari bule arab bule afrika dll ada semua!

Di sana kita langsung dijemput sama tour guide dan langsung check in di hotel BKR. Gue sekamar lagi sama temen sekamar gue pas karantina, Dian. Antara seneng dan takut juga sih karna aku penakut dan Dian juga agak penakut. Bodohnya kita itu karna kita baris paling belakang jadinya dapet di lantai 3 dan kamar kedua dari ujung yg mentok bangetngetnget! Se-rem.


Sorry banget berantakan hahaha 

Berhubung nyampe kamar itu maghrib dan di sana ga ada kedengeran sedikit pun suara adzan, jadinya gue agak ngerasain gimana gitu. gue berberes sama Dian. Aslinya mau langsung tidur tapi apa daya dapet telpon dari Bu lurah kita kalo pukul 7 malam harus sudah ke ruang makan dilanjutkan acara pertemuan dengan Paskibraka Provinsi Bali  tahun 2014.
            
            Acara malam itu tuntas semua sekitar pukul 11 malam lewat. Rasanya pengen langsung tepar di kamar karna belum ada istirahat sedikit pun tapi harus apel malam dulu sambil berusaha nahan ngantuk. Apel malam selesai dan kita buru-buru ke kamar masing-masing dan keselnya ya itu, kamar kita paling jauh! Mesti nunggu lift habis itu jalan ke ujung lorong yg sepi. Sedih kan?
            
            Btw, gue ga pernah nyangka aja kalo gue bakalan nginep di Hotel mewah itu. Hotel BKR itu udah sering dijadiin tempat nginepnya artis-artis, band, maupun penyanyi solo kelas atas contohnya aja band Ungu, The virgin, Dewa19, Ari lasso, Rossa dan masih banyak lagi. soalnya gue ngeliat di video yg ada di tv lobby hotel. Dan beberapa waktu yg lalu gue pernah ngestalk akun fanbasenya the virgin tentang the virgin yg lagi on air di Bali, gue liat foto-fotonya Dara, Mita dan para fansnya di halaman hotel BKR! Dan gue seneng. Ya maklumlah gue ini penggila semua band/penyanyi luar apalagi band/penyanyi lokal.

                Besok paginya, pas lagi males-malesan bangun eh tiba-tiba ditelpon sama bu lurah kalo kita bakalan rafting pake baju ini dan blablabla. Begitu pas mau beranjak dari tempat tidur eh ada telpon lagi dan gue sempet kesel kenapa bu lurah nelpon dua kali. Taunya malah gini..

“Morning call, selamat pagi bu blablabla”

“Oh iya mas hehe aku bukan ibu-ibu bli” (baru inget kalo di Bali untuk memanggil laki-laki yg lebih tua dari pada kita ga boleh bilang ‘mas’ tapi ‘bli’).

Klik.
Subuh di Bali gini nih suasananya. 

Ini pemandangan pagi hari dari balkon kamar gue.
                                   


Jengkelin banget kan? Gue langsung prepare dan gue bareng Dian telat ke restorannya. Sekitar pukul 8 kita semua ke ayu river, tempat di mana kita bakalan rafting! Gue sempet ngira kalo rafting itu gitu gitu aja, ga seru tapi ternyata rafting itu..

“Ayo dipake semua peralatannya, habis itu langsung pilih kelompok masing-masing 6 orang”

Gue langsung acting agak lambat-lambat pake peralatannya karna gue ngincer kakak ganteng anaknya Pak Sigit biar satu kelompok ama gue hihi tapi dia kayak kebingungan gitu karna belum sama sekali dapet kelompok. Akhirnya, karna gue sok-sokan lambat pake peralatan dan ga dapet kelompok jadi gue dengan senang hati narik Cornel (temen sekamar gue waktu karantina) buat nemenin gue trus gue ngajakin kakak ganteng anaknya Pak Sigit itu.



Maklumi ajalah kalo gue alay ga pernah ngerasain yg namanya rafting itu gimana jadinya gue antusias banget turun tangga yg ga sedikit jumlahnya. Btw, kelompok gue waktu itu ada Kak Dahlan, Saudaranya Kak Dahlan (cowok kok. Gue lupa namanya), Kak Putu, Kakak ganteng, Cornel. Total personel di boat kita ada 7 orang, include: my lovely guide! Haha guide kita gaul nget coy! Dia juga sabar banget ngadepin kita yg males malesan dayung wkwk

Sebelum kita main, kita briefing bareng dan dikasih tau kalo ada aba-aba “dayung” kita semua wajib mendayung, aba-aba “pinah depan” kita semua nimbrung ke depan, aba-aba “pinah belakang” kita semua nimbrung ke belakang,  aba-aba “pinah kiri” kita semua ke kiri, “pinah kanan” kita semua ke kanan, dan ketika ada aba-aba “stop” nah semua dayung ga boleh digunakan dan harus diberdirikan di atas boat.

Gue kira yg namanya rafting itu paling Cuma sejam, eh taunya berjam-jam! Gue yg kelaperan akhirnya males-malesan ngedayung sampai kakak ganteng yg duduk di belakang gue bilang gini..

“ capek atau laper? Bilang aja laper hahaha”

“ya, laper banget tau kak. Capek nih dari tadi nyanyi sambil dayung”

“halah hahahaha”

Yaa ngedayung berjam-jam itu capek banget, ditambah lagi kalo ada boat yg ngelewatin kita trus isinya orang bule-bule songong pasti deh pengen tak lempar dayung. Lo tau? Setiap mereka ngelewatin kita itu, mereka selalu nyiram nyiram air ke kita. Gue males lah, bad mood lah. Jadinya kadang gue ngebales mereka, nyiram air banyak-banyak sambil ketawa bahagia. Tapi seru sih eheheh pengen lagi!

Hal yg gue sukai dari rafting adalah, ketika ada batu kali yg guedenya minta ampun di depan boat dan kita pun kelabakan ngedayung buat ngehindarin batu kali itu. boat kita adalah boat yg paling sering macet alias kalo kena batu langsung ga bisa bergerak hahahaha jadinya guide kita kasihan tuh mesti turun buat ngedorong boat kita. Trus, pas udah di akhir perjalanan jadinya gue langsung nyebur ke sungai! Yeay! Gue berenang sampe kebawa arus, untung aja daerah itu sungainya dangkal. Jadi? Gue baru sadar kalo gue berenang di sungai yg dangkal.

Kemudian gue naik melewati ratusan anak tangga dari sungai sampe jalanan! Gue sempet agak takut karna pas gue lagi liat ke bawah, trus tiba-tiba depan gue ada ibu-ibu yg lagi nawarin patung ke gue. Gue ga takut sama patungnya, gue Cuma takut sama ibu-ibunya. Gue langsung bilang dengan sopan..

“Maaf bu, lagi ga bawa uang hehe”

“Just 120.000 rupiah blabla”

“Iya bu, kapan kapan aja ya bu”

Gue langsung cepet-cepet naikin anak tangga, eh ga berapa lama gue ketemu mbak cina dengan pacarnya sambil bilang..

“Honey, Miss uuuuuu” sambil pelukan

Huek! Gue tambah dongkol! Gimana ga dongkol kalo gue lagi di pulau yg romantis ini trus gue jomblo gitu trus ngeliat orang pelukan sambil ciuman di depan gue. Omg

Akhirnya gue sampe di jalanan, gue sempet bingung jalan pulangnya ke mana? Belok kanan atau belok kiri? Gue ngeliat Kak Putu belok kanan jadinya gue lari ngejar dia trus gue salip dia sambil bawa sendal kesayangan gue. Sesampainya gue di tempat awal untuk rafting, gue langsung bersihin badan dll.

Hal terbodoh adalah ketika gue ga bawa baju cadangan. Yg jelas gue Cuma pake kaos pendek gue trus pake jaket paskib gitu. gue udah terlalu capek untuk capcipcup bareng temen jadinya pas masuk bus gue langsung charging hp trus bobok cantik sendirian di kursi bus paling belakang. Iya, gue ini orangnya suka sendiri gitu soalnya lebih leluasa duduknya hihi gue dibangunin sama temen gue kalo kita udah nyampe di restoran untuk makan siang. Gue sempet ngeluh di dalem bus ‘kok dingin banget sih ah, ac-nya banter amat’. Pas gue keluar dari bus, gue tambah kedinginan. Gue makin heran ‘kok ac busnya keluar sih’. Eh gue noleh ke belakang banyak kabut gitu taunya kita lagi di puncak. Ya maklum aja gue baru bangun tidur dan baru ngeh kalo kita lagi di puncak haha.

Gue sempet ngatrok sebentar, ‘Ya Allah kerennya, Ya Allah..’ gue langsung ngambil nasgor, ayam diapain gitu entah rasanya agak lain-lain, kerupuk banyak-banyak dah trus duduk deket jendela. Ternyata gini toh yg namanya puncak, ga perlu pake ac udah dingin nget. Setelah makan siang, kita langsung ke tirta empul. Tour guide ngasih tau kalo waktu untuk di sini Cuma sebentar aja jadi  setelah makan siang, kita langsung ke tirta empul.  Gue langsung ambil kamera-hp-dompet-jaket trus langsung cepetan turun. Gue bingung gue mau ngapain di sana, gue juga baru selesai halangan. Katanya, kalo lagi halangan ga boleh masuk ke pura. Ya gue juga ga mau masuk pura Cuma gue penasaran aja pengen lihat semuanya. Oya, gue sempet ngasih tau ke temen gue yg waktu itu lagi halangan supaya ga masuk ke daerah itu karna itu tempatnya mereka untuk beribadah. Suci gitu. tapi temen gue mah pada ngeyel jadinya tetep masuk ya gue biarin aja mereka.

w/ Adel








Gue sedih karna gue ga bawa tongsis. Temen-temen gue pada rame-rame ke sana kemari, sedangkan gue sendirian ke sana kemari. Mau minta tolong orang-orang untuk fotoin mah kasian orang-orangnya karna gue kalo difoto ga Cuma sekali, harus banyak kali foto. Jadinya gue nerima tawaran fotografer asal bali itu. gue foto di depan pura dan fotonya langsung jadi. Pas gue tanya bayar berapa, katanya bayar sekitar 40 ribuan gitu kalo ga salah. Gue sempet nyesek, tau gini gue foto sendiri pake kamera gue. Tapi dalem ati gue, gue ngerasa kapan lagi gue bisa ke sini? Kapan lagi gue bisa istilahnya berbagi kepada mereka yg membutuhkan? Soalnya, gue perhatikan turis-turis di sini jarang yg namanya foto dengan fotografer seperti beliau. Karna rata-rata orang-orang yg berkunjung ke sini udah punya kamera pribadi. Jauh di dalem hati gue, selagi lo punya uang, selagi lo mendapatkan rejeki yg berlebih, jangan berpikir dua kali untuk membantu orang-orang yg ada di sekitar lo! :’)





Ini tetangga gue waktu rumah gue di Perumahan Seratton Salebba.

w/ Kak Putu kakak kelas di stm, senior di paskib dan pasukan 8 di paskib 2014


Gue ketemu dengan tetangga lama gue, dan gue sempet pangling dengan anaknya karena udah pada gede gitu. kita foto bertiga, dan ternyata tetangga gue itu satu rombongan sama gue. Suaminya orang dispora gitu, pantesan. Setelah agak puas fotoan, gue langsung ke tempat yg jual souvenir. Gue beli udeng banyak banget. Dan harganya juga ga bisa ditawar! 1 udeng 30 ribu, karna bagus, gue beli 3 udeng.

Minat mancing di sini? JANGAN!

Gue sempet kelabakan karna catatan gue ketinggalan di hotel. Di catatan itu gue udah nulis semua nama-nama orang terdekat gue yg bakalan dapet souvenir ini. Jadinya gue inget-inget sedikit siapa aja temen deket gue, ya maklumlah gue punya temen se-Bontang. Temen organisasi lah, temen fb twitter bbm line, mantan, gebetan, sahabat, keluarga, temen taekwondo dll. Gue sering dikasih oleh-oleh sama keluarga atau temen gue jadinya gue ngerasa ga enak aja gitu kalo gue ga ngasih apa-apa ke mereka. Itu aja gue ga ngasih tetangga gue karna uang gue udah mau habis.

Gue ini ratunya nawar. Gue mau beli kaos dll tapi harganya kaos mahal banget, sekitar 100 ribuan. Gue nawar 30 ribu, penjualnya ga mau. Jadinya gue pergi eh malah tangan gue ditarik, katanya mau tapi 50 ribu gitu, ya guenya yg ga mau jadinya gue sok-sokan ngambek trus pergi. Eh taunya tas gue ditarik trus gue ditarik ke tempatnya lagi, katanya boleh 30 ribu asalkan beli banyak trus jangan kasih tau siapa-siapa kalo gue dikasih harga segitu hahaha gue beli sekitar 10an kaos trus gantungan kunci juga gue nawar wkwk. Setelah puas, gue pindah ke tempat lainnya lagi. gue nyari daster pesenan ibu gue, gue nyari ukuran besar tapi kata penjualnya itu sudah ukuran paling besar, gue ga ngambil daster itu karna badannya ibu gue itu lebih besar dari pada daster itu. Kan sayang kalo udah dibeliin taunya kekecilan. Ketika gue lagi lirik kanan lirik kiri, tangan gue ditarik sama tante penjual celana. Katanya celananya Cuma 10, gue kira Cuma 10 ribu jadinya gue ngeluarin uang 10ribu eh katanya bukan 10 ribu tapi 100 ribu! Hahaha gue langsung basa basi kalo udah disuruh pulang jadinya gue langsung lari dari tante itu.

Trik gue, kan gue dapet uang sekitar 4 juta. Nah uang yg ratusan ribu itu gue selip-selipkan diantara surat-surat atau kertas struk. Yg gue tampilkan Cuma uang 50 ribu, 20 ribu sama 10 ribuan. Jadinya kalo lagi nawar pasti kadang isi dompet dilihat sama penjual, jadinya ga ketahuan deh kalo aslinya gue banyak uang wkwk.

Setelah gue puas belanja, gue langsung naik ke bus. Kali ini kita makan malem di restoran tempo dulu, gue suka furniture restoran ini. Bisa dibilang modern iya, tradisional juga iya. Karena di sini ada karoke, begitu mbaknya nawarin yg pengen nyanyi bisa maju nah gue langsung maju ke depan dan duet bersama ayu andella. Gue sempet kaget karna Walikota Bontang, Pak Adi Darma datang sekalian dinner bareng kita. Jadinya gue sempet berhenti nyanyi, malu wkwk. FYI, Pak Adi Darma suka banget nyanyi full albumnya wali jadinya kita semua pada joget diiringi lagunya wali. Begitu Kepala Dispora ngasih uang 50 ribu, gue langsung joget sambil ngambil uang. Pak Adi juga ga ketinggalan nyawer kita yg lagi joget joget ga jelas haha jadilah gue dapet 100 ribu. Aslinya dapet 150 ribu Cuma gue kasian sama temen gue ga kedapetan jadinya tak kasih 50 ribu.

Bener-bener tepar, nyampe hotel sekitar jam 10. Gue langsung tidur ga pake mandi dulu. Tapi sebelum tidur, kebiasaan gue selama di Bali ini ya nonton channel MTV. Maklumi aja di rumah gue ga ada channel MTV, sedangkan gue ini dari jaman SD penggila channel MTV! Gue nyalain itu tv sampe pagi. Tvnya doang yg melek sampe pagi tapi gue sama dian udah pules tidur cantik.

Kerjaan tiap pagi, foto!

Percayalah gue anak baik-baik

Rutinitas tiap pagi ya sarapan, trus apel trus pergi ke tempat wisata. Hari ini kita bakalan water sport! Tapi sebelum ke nusa dua, kita mampir bentar ke tempat oleh-oleh “Agung”. Tempatnya deket aja kok dari hotel karna itu di masih di daerah kuta. Gue ga lupa lagi soal catatan! Jadi, yg gue rasa belum kesampaian dibeli ya gue mborong semua di situ. Gue sampe ga mikirin diri gue sendiri. gue terlalu fokus mikirin oleh-olehnya temen-temen gue, sampe-sampe beli baju untuk diri sendiri pun enggak.

Hal terkaget itu ketika di kasir, gue bawa 2 keranjang lebih dan begitu mbak kasirnya ngasih tau harus bayar berapa, terpaksa 7 lembar uang 100.000 pun keluar. Ehehehehehhh :3

Setelah berbelanja ria, rombongan gue melanjutkan perjalanan ke tanjung benoa. Nyampe di tanjung benoa sekitar jam 9an trus gue pengen banget ngerasain naik parasiling/paralayang. Gue ngajakin temen-temen gue eh mereka pada ga mau, takut, males, dll. Jadinya gue sendirian daftar. Aslinya udah ditutup pendaftarannya kalo mau naik paralayang, tapi karna ada yg ngebujuk jadinya khusus gue dibolehin gitu. gue ngerelain uang 150 ribuan demi paralayang yg durasinya kurang lebih 15 menit itu. Sebelum gue naik, ternyata kak putu naik paralayang juga. Gue ga sabaran.

“om cepetan nah, kayak mana sih caranya?”

“gini dek ya, kalo sudah ditarik sama speed boat,  tarik yg ini trus kalo udah ada bendera dari kami, itu tandanya harus tarik yg ini biar bisa turun blablabla”

“duh gue ngerti sih om, tapi gue takut lupa”

“yaudah ntar didampingi sama kru kami”

Gue ngasih kamera dan barang-barang gue ke temen-temen gue. Begitu dipasang peralatan dan gue ditarik sama speed boat, gue teriak-teriak kegirangan. Gue seneng banget! Akhirnya kesampaian juga setelah sekian lama pengen naik beginian, bisanya Cuma liat di acara tv. Sumpeeeh gue ga ada takut sama sekali dengan ketinggian, gue ga mau turun tapi apa daya om yg ngedampingi gue sudah narik dan kita harus turun. Bodohnya, kenapa kamera gue ga gue bawa biar gue bisa selfie waktu di atas gitu. sialan!




w/ Iswara


Gue lanjut ngedaftar ke pulau penyu. Gue satu boat sama kak putu, jela, fadhil, haqul, asvira, fatur, erischa, dea, dan fitly. Boat kita sempet berhenti di tengah-tengah laut, nah gue cuil sedikit demi sedikit tuh roti tawar trus gue cemplungin ke air dengan harapan ntar bakalan ada penyu makan roti yg gue kasih. Sayangnya ga ada hahaha bodohlah jadinya boat kita lanjut ke pulau penyu. Di sana gue bodohhhh banget kenapa mesti takut sama penyu! Sebenernya gue ga takut Cuma agak geli aja ngerasain kulitnya penyu gitu. jadilah gue suruh tante-tante pegang penyunya trus kita fotoan bareng. Apa yg bisa dibanggakan cobaaa?







Otw pulau penyu yeay




w/ burung 


Karna gue geli sama penyu, takut sama ular, takut sama burung elang jadinya gue mencoba memberanikan diri untuk fotoan sama burung gatau apa namanya gue lupa.





Setelah semuanya udah selesai, sekitar jam 2 siang kita ke GWK (Garuda Wisnu Kencana). Tempat impian gueeeeee! Di sana, kita langsung lunch bareng trus gue botek-botek izin kalo mau foto di depan doang padahal gue juga naik ke daerah patung Dewa Wisnu. Sebelum gue naik ke daerah patung Dewa Wisnu, gue sempetin diri bentar untuk fotoan di suatu gambar yg kepalanya bisa pake kepala kita sendiri. ga tau dah apa namanya. Sewaktu gue naik ke atas, tiba-tiba ada mbak-mbak berjilbab sama cowoknya ngeliatin gue sambil senyum. Ya berhubung gue ini cewek yg ramah sekali jadi gue bales senyumannya cowoknya, eh ga ding wkwk. Mereka ngehampirin gue sambil bawa kameranya..

“Mbak, bisa minta tolong fotoin ga?”

“Oh iya bisa mba ehehehe”

Cekrik.

Cekrik.

Cekrik.

Ya. Mereka berdua berpose sambil pelukan gitu, oh shitttt!

Gue sedih. Kenapa bisa cewek seperti gue jomblo? kenapa? Kenapa? Di pulau nan romantis pula, hiks..




Gue ngelanjutin ke patung Garuda. Bener-bener seperti mimpi! Gue pernah nonton di FTV SCTV gitu, ada cewek yg lagi lari-lari menaiki anak tangga patung Garuda. Gue udah lupa ceritanya kayak mana yg jelas gue inget pas bagian patung Garudanya doang. Jujur aja nih ya, gue sempet ngebatin ‘kapan gue bisa kayak gitu’ eh alhamdulillah Allah swt mengabulkannya walaupun ga langsung dikabulkan dan walaupun dengan cara harus berjuang secara mati-matian.






Next, gue bareng triana ke suatu tempat yg jarang dikunjungi haha keren banget lah kalo dipake untuk fotoan! Temen-temen gue pada ngamuk-ngamuk kenapa ga ngajakin mereka ke tempat rahasia itu hihihi. Setelah puas fotoan berdua bareng triana, kita langsung balik ke bus dan melanjutkan perjalanan ke uluwatu.









Guide kita udah ngasih info kalo di uluwatu itu jangan sekali-kali ngeluarkan/menggunakan barang-barang yg bisa mengundang monyet-monyet. Karna kalo udah diambil monyet itu ribet dah pokoknya! Bisa dibuang lah, dihancurin lah, dibawa pergi lah dll. Jadinya, karna gue ini sayang banget sama barang-barang gue ya handphone, kamera, dompet dll ga gue keluarkan wkwk. Gue baca doa banyak banyak pokoknya deh! Serem hehehe.

Sebelum masuk ke uluwatu, kita diwajibkan untuk memakai sejenis kain yg ditaruh di pinggang. Waktu itu gue milih warna ungu tapi ada beberapa warna kok kalo ga salah ada ungu sama kuning gitu. oya, waktu di pura tirta empul-tampak siring itu juga kita diwajibkan memakai kain kayak gitu. kalo yg pake celana pendek diatas lutut pasti diwajibkan juga pake sejenis kain yg bisa menutupi kaki. Biar lebih sopan gitu..

Gue bener-bener ga berani bertingkah selama di uluwatu! Dikit-dikit ada monyet yg lagi lari, gue langsung pegang tangannya temen gue lah, teriak lah, dan nyubit tangannya temen gue. Gue juga sering deketin guide karna guide kita itu orang bali juga dan pastinya udah ngerti hihihi.

Kejadian yg bikin shock banget itu waktu gue lagi mau fotoan sama temen gue di deket pagar batu, eh tiba-tiba ada monyet bawa kacamata miliknya orang bule. Monyet itu naik ke pohon trus ngehancurin kacamata itu. jelaslah orang bulenya ga terima trus berdialog dengan guidenya. Akhirnya, guidenya itu entah bicara bahasa apaan sama monyet dan kacamatanya dikembalikan walaupun udah rusak.

Recommended bangetlaaaaah fotoan di uluwatu! Gue banyak fotoan tapi di kamera temen hehehe u know lah gue takut kamera gue kenapa-napa. Setelah selesai menelusuri daerah uluwatu, kita semua bergegas menuju jimbaran demi makan malem.

Di jimbaran, kita fotoan sama bule yg lagi pacaran, yg lagi asik-asiknya nikmati sunset buahahahhahaa untungnya mereka welcome banget sama kita. Mereka juga minta fotoan sama kita pake kameranya mereka. Ini sih bukan pertama kalinya kita foto bareng sama bule, sebelumnya udah banyak kaleeeeee. Waktu rafting juga iya, banyak banget.

Makan malem di jimbaran lumayanlah rasanya 11/12 sama warung melati depannya rudal di bontang wkwk. Kalo bisa bungkus, gue bungkus bawa ke hotel!



Sekitar pukul 7 malem, kita dikasih waktu sebentar untuk berbelanja (lagi) di krisna. Aslinya gue udah kenyang belanja, karna duit sisa 2 jt coyyyy mau dicubit ibu kah kalo boros? Hihihi

Tapi namanya juga manusia mah ga ada puasnya. Gue turun dari bus dan langsung belanja lagi. di krisna gue beli tas, makanan, gelang, dan tak lupa baju untuk gue sendiri. gue juga sempet berjumpa dengan paskibraka mana ya kemarin? Duh lupa. Kalo ga salah paskibraka provinsi daerah sumatra atau daerah sulawesi gitu. maafkan gue yg pikun ini..

Sekitar jam 10an kita balik ke hotel, karna kita udah dibolehin ke kuta yaaa sekitar jam setengah 12 malem gue sama temen-temen ke kuta jalan kaki wkwk. Awalnya rame-rame, trus pencar dan akhirnya sisa gue, ernanda, dan cornel. Gilaaaaaa! Banyak banget bule berkeliaran! Mulai bule yg baik sampe bule nakal.

Gue mampir ke starbucks tapi ditarik lagi sama temen jadinya gue nemenin temen gue untuk beli aksesoris -_-

Karna gue ga bodo-bodo amat bahasa inggris, sewaktu ada 2 orang bule nyetir mobil sedan laju banget trus sambil teriak ke arah gue ya gue kaget laaaaah gimana sih duhhh..

“Hey! F**k u!” sambil ngelambaikan tangan biar kita minggir

Gue ga terima, gue teriak “Damn u! Ah! Awassss kooo”

Gue shock. Sialan itu bule! Badan gue gemeteran sangking kagetnya. Gue langsung niat balik sendirian ke hotel jalan kaki tapi untungnya ada kak Dahlan jadinya barengan deh baliknya.

Sampe di hotel sekitar jam 2 malem dan te-par.

Esoknya, hari sabtu tgl 23 agustus kita prepare ke bandara. Ah berat sekali rasanya ninggalin pulau impian ini. Alay memang.

Hayo aku yg manaaa?

Di bandara ngurah rai, gue muntah. Mau naik pesawat gue muntah lagi, untungnya ada dokter kesayangan yg nemenin kita ke bali. Trus pas di bandara juanda juga gue muntah sampe rasanya mau mati gitu deh. Kirain gue doang yg ngerasain begini, eh sewaktu landing di sepinggan temen gue muntah juga di pesawat (citilink). Sampe-sampe mba pramugarinya ngebersihin muntahannya temen gue. Trus pilot, copilot dan crew lainnya pada nanya-nanya ke kita kenapa bisa muntah dll. Hal yg gue sukai ialah ketika ada crew yg ngasih gue air minum dan mba mugarinya baik banget sampe sampe mereka yg kelabakan nyuruh petugas bandara biar ke pesawat bawa 2 kursi roda.

Kalo gue lagi ga sakit, gue punya niatan foto bareng mereka. Tapi hari itu belum menjadi hari keberuntungan gue. Gue dan temen gue Cuma bisa pasrah duduk di kursi roda dan didorong sama petugas bandara sepinggan ke klinik. Kirain Cuma berdua doang yg muntah, eh taunya satu persatu temen gue masuk ke klinik dengan keluhan yg sama. Dan sekitar 15 orang mengalami kejadian seperti gue. Sungguh mengharukan..

Yaaaaahhh, kejadian aneh-lucu-seru-sedih-seneng banyak banget. Bener-bener ga terlupakan lah. Terima kasih semuanya! FYI, foto-fotonya bakal gue upload lagi kalo gue ga sibuk. Bhaaayy!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4cm